Menikmati Senja di Candi Ijo Ala Milenial

Candi Ijo dengan Latar Belakang Matahari Tenggelam

Candi Ijo adalah sebuah candi bercorak Hindu yang terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini terletak pada lereng sebuah bukit dan menghadap ke arah barat. Posisi candi yang menghadap ke barat dan terletak pada ketinggian ini membuat candi Ijo merupakan candi yang strategis untuk melihat matahari tenggelam. Nama candi Ijo diambil dari nama bukit Ijo tempat candi ini berdiri.

Personal Photographer by https://aleronjogja.com

Luas kompleks candi ini kurang lebih 8000 meter persegi, akan tetapi para arkeolog menemukan bukti bahwa kemungkinan kompleks candi ini lebih besar dari yang terlihat sekarang. Kemungkinan kompleks candi mengecil karena akibat tanah longsor maupun sebagian kompleks candi telah berubah menjadi pemukiman penduduk.

Candi Utama (Belakang kiri) dan Ketiga Candi Perwara (Kanan)

Candi Ijo diperkirakan didirikan pada abad X sampai XI pada era Mataram Kuno. Kompleks candi ini memiliki satu buah candi utama, candi pengapit dan tiga candi perwara. Candi utama berisi Lingga-Yoni dan menghadap ke arah barat.

Lingga-Yoni di dalam Candi Utama.

Di dalam candi utama ditemukan relung-relung kosong pada dindingnya. Kemungkinan dahulu relung-relung ini berisi arca. Di sebelah kanan dan kiri relung terdapat relief yang menggambarkan dewa-dewi yang seakan-akan terbang menuju relung yang diapitnya.

Salah Satu Relung di dalam Candi Utama.
Relief Dewa-Dewi Pengapit Relung di dalam Candi Utama.

Ketiga candi perwara menghadap ke timur atau berhadapan dengan candi utama. Ketiga candi perwara digunakan untuk memuja dewa Siwa, Wisnu, dan Brahma. Ketiga dewa ini di dalam agama Hindu disebut Trimurti. Di dalam candi perwara sebelah selatan terdapat yoni (tanpa lingga). Sedangkan di dalam candi perwara yang di tengah terdapat arca sapi yang bernama Nandi yang dalam agama Hindu merupakan tunggangan dewa Siwa.

Arca Nandi Tunggangan Dewa Siwa di dalam Candi Perwara.

Pada candi perwara sebelah utara tidak ditemukan arca, kemungkinan sudah dipindahkan karena terdapat relung di bagian lantainya.

Personal Photographer by https://www.aleronjogja.com

Candi Ijo merupakan candi yang paling strategis untuk melihat matahari terbenam sehingga banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kunjungi candi Ijo bersama https://www.aleronjogja.com travel agency yang lengkap dengan personal photographer. Nikmati momen liburan Anda, nikmati pemandangannya, dan biarkan personal photographer mengabadikan setiap momen seru Anda.

Tinggalkan Balasan