Lava Tour Merapi Wisata Off-Road Terbaik di Yogyakarta

Gunung Merapi pada Cerahnya Pagi
Gunung Merapi pada Cerahnya Pagi

Lava Tour Merapi Destinasi Nomor 1 di Yogyakarta

Lava Tour Merapi merupakan destinasi wisata paling populer saat ini di Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya agen tour yang memasukkan, bahkan dapat dikatakan wajib memasukkan destinasi ini ke dalam paket tour mereka. Demikian pula bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, adalah merupakan kewajiban untuk mengunjungi destinasi Lava Tour Merapi ini.

Sebuah Kisah Musibah Membawa Berkah

Pada tahun 2010 lalu, erupsi gunung Merapi cukup dahsyat mampu menghanguskan desa-desa di sekitarnya, memaksa ribuan orang mengungsi, dan menyebabkan korban jiwa yang tidak sedikit. Meskipun demikian kini kisah erupsi gunung Merapi justru menjadi berkah. Kini lereng gunung Merapi menarik banyak wisatawan karena eksotika pemandangannya. Para wisatawan dapat menikmati kemegahan Merapi dengan wisata bertajuk Lava Tour Merapi.

Berkendara di Atas Jeep dengan Rute Off-Road

Untuk menikmati pemandangan gunung Merapi pengunjung dapat menggunakan jeep atau menyewa sepeda motor trail. Setiap jeep dapat memuat 4 penumpang. Jeep memang merupakan kendaraan yang cocok untuk kondisi rute di kawasan ini. Dahsyatnya letusan Merapi berdampak pada rusaknya jalan aspal di sekitarnya sehingga rute tersebut menyandang predikat sebagai rute off-road.

Off-Road Lava Tour Merapi
Off-Road Lava Tour Merapi

Pilihan Rute Lava Tour Merapi

Pihak pengelola Lava Tour Merapi menawarkan beberapa pilihan rute yang dapat dipilih oleh pengunjung. Rute yang tersedia meliputi:

  1. Rute pendek
  2. Rute medium
  3. Rute panjang
  4. Rute sunrise

Istilah rute pendek, medium, dan panjang mengacu pada jauhnya rute yang diambil. Semakin jauh rute yang diambil, maka semakin lama pula durasi tour tersebut. Sedangkan rute sunrise mengacu pada waktu aktivitas tour, yaitu pada pagi hari saat matahari terbit. Untuk rute sunrise pengunjung akan diajak untuk mengunjungi Bunker Kaliadem untuk menikmati matahari terbit. Untuk dapat menikmati sunrise, pengunjung harus memulai tour pada pukul 5:00 pagi. Rute sunrise cukup menarik bagi sebagian wisatawan karena setelah menyelesaikan Lava Tour Merapi, maka mereka masih punya banyak waktu untuk mengunjungi destinasi wisata lain di Yogyakarta.

Museum Sisa Hartaku, Lokasi Batu Alien, dan Bunker Kaliadem

Salah satu destinasi di kawasan ini adalah Museum Sisa Hartaku. Museum ini sebelumnya adalah rumah di kawasan lereng Merapi yang ikut terdampak erupsi. Di museum ini pengunjung dapat melihat sisa-sisa perabotan yang rusak bahkan hangus, bahkan terdapat pula sisa tulang binatang ternak yang mati karena terkena awan panas, atau penduduk lokal menyebutnya sebagai wedhus gembel. Museum terdapat di 2 lokasi, yaitu sebelah selatan dan sebelah utara. Pengunjung akan berhenti di salah satu museum saja.

Museum Sisa Hartaku Lava Tour Merapi
Museum Sisa Hartaku Lava Tour Merapi

Perhentian berikutnya adalah lokasi Batu Alien. Di lokasi ini terdapat sebuah batu besar yang tampak seperti wajah manusia, apabila dilihat dari sudut tertentu. Batu ini berasal dari muntahan Merapi. Sebelum erupsi dahsyat tahun 2010, lokasi ini adalah merupakan pemukiman warga. Kini pemukiman tersebut sudah hilang tertimbun material vulkanik Merapi.

Spot Batu Alien Lava Tour Merapi
Spot Batu Alien Lava Tour Merapi

Beranjak meninggalkan lokasi Batu Alien, pengunjung akan diajak ke lokasi Bunker Kaliadem. Bunker Kaliadem adalah fasilitas yang dibuat sebagai tempat berlindung dari awan panas atau wedhus gembel. Lokasi ini adalah lokasi yang paling dekat dengan puncak Merapi yang dikunjungi selama tour, yaitu jaraknya sekitar 4 km saja. Karena jaraknya yang cukup dekat maka pengunjung dapat melihat gunung Merapi dengan cukup jelas apabila cuaca cerah. Di sekitar Bunker Kaliadem ini terdapat beberapa warung yang menjajakan makanan, minuman, dan oleh-oleh. Salah satu minuman khas yang dijual di sini adalah kopi Merapi. Kopi ini adalah kopi yang ditanam di lereng Merapi dan memiliki cita rasa keasaman yang khas. Keasaman khas ini berasal dari zat mineral yang secara alami menjadi pupuk bagi tanaman kopi tersebut. Zat-zat mineral ini tentunya berasal dari material vulkanik gunung Merapi.

Bunker Kaliadem Lava Tour Merapi
Bunker Kaliadem Lava Tour Merapi

Spot Asap Panas

Spot Asap Panas berlokasi di bibir sungai Kaligendol dan merupakan spot yang cukup digemari. Di lokasi ini kadang dijumpai pasangan yang sedang melakukan prewedding. Spot ini sebenarnya tidak ada di dalam paket baik rute pendek, medium, maupun panjang, tapi apabila pengunjung ingin mampir ke spot ini maka pengunjung dapat menyampaikannya ke driver. Spot ini berada di antara Bunker Kaliadem dan Batu Alien.

Spot Asap Panas Lava Tour Merapi
Spot Asap Panas Lava Tour Merapi

Spot Air Kalikuning

Kalikuning adalah sebuah sungai yang berhulu di lereng gunung Merapi. Sungai ini tidak pernah kering sekalipun di musim kemarau. Bagi pengunjung yang membeli paket Lava Tour Merapi rute panjang maka spot terakhir adalah bermain air di Kalikuning. Bagi banyak orang, spot inilah yang paling ditunggu. Dengan memacu jeep membelah genangan air, maka pengunjung akan dibuat basah terkena cipratan air. Keseruan menyeruak saat goncangan jeep dipadukan dengan cipratan air membuat adrenalin terpompa kencang. Karena hal itulah biasanya pengunjung akan berteriak kencang sekencang laju jeepnya. Pengunjung tak perlu khawatir dengan kualitas atau kebersihan air di sungai ini, karena memang sumber atau hulu sungai ini sangat dekat di sebelah utara.

Spot Air Kalikuning
Spot Air Kalikuning

Aktivitas Penambangan Pasir Lereng Gunung Merapi

Seperti yang tertulis di tajuk, bahwa gunung Merapi membawa berkah. Berkah ini bukan hanya karena gunung Merapi mampu menarik wisatawan, tetapi juga karena gunung Merapi memberikan penghidupan warga yang bekerja sebagai penambang pasir. Pasir hasil muntahan gunung Merapi dikenal sebagai pasir berkualitas tinggi. Hal ini karena apabila pasir ini digunakan sebagai bahan bangunan, maka bangunan yang dihasilkan akan sangat kokoh. Selain itu keberadaan penambang pasir ini memang justru menguntungkan karena dengan mengambil pasir dari jalur lahar, maka jalur lahar menjadi kembali kosong dan siap menampung lahar baru. Jika pasir tidak ditambang malah akan membuat jalur lahar tersumbat.

Berikut ini adalah saran kami apabila Anda ingin mengunjungi Lava Tour Merapi.

  1. Lava Tour Merapi merupakan tour yang cukup ektrim karena menggunakan jeep menyusuri rute off-road. Sebaiknya Anda dalam kondisi fit atau tidak sedang sakit. Untuk ibu hamil juga disarankan tidak mengikuti tour ini karena cukup berisiko bagi kandungan.
  2. Bawa baju ganti apabila Anda membeli paket rute panjang karena bermain di spot air Kalikuning pasti akan membuat Anda basah kuyup.
  3. Pada musim kemarau kondisi tanah yang kering membuat udara sangat berdebu. Pihak pengelola akan menyediakan masker untuk dibagikan kepada pengunjung. Meskipun demikian Anda dapat juga membawa masker tambahan bila perlu. Adanya debu halus juga dapat membuat mata iritasi, oleh sebab itu Anda dapat membawa kacamata bila perlu.
  4. Bawalah barang hanya yang diperlukan saja. Perjalanan yang off-road akan membuat tubuh Anda terguncang keras, oleh sebab itu selalu jaga barang bawaan agar jangan sampai jatuh.
  5. Jika Anda datang bersama rombongan dan menggunakan banyak jeep, Anda harus mengingat jeep yang Anda kendarai agar tidak salah naik jeep. Hal ini dapat terjadi karena bentuk jeep yang serupa kadang membuat pengunjung bingung. Anda dapat menghafal jeep dari warna dan plat nomornya.

Demikian saran dari kami, jika Anda ingin mengunjung destinasi Lava Tour Merapi dalam waktu dekat silakan kontak kami di tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *